Waspada! Gejala Penyakit Paru Paru ini Sering Diabaikan

Waspada! Gejala Penyakit Paru Paru ini Sering Diabaikan
Paru paru merupakan salah satu organ penting dan vital dalam tubuh yang berfungsi untuk mengatur kebutuhan oksigen dan karbondioksida dalam darah. Jika fungsi kerja paru paru tidak baik akan mempengarui fungsi kerja organ tubuh lainya. Oleh karena itu kita wajib untuk menjaga kesehatan paru paru.

Untuk menghindari penyakit paru paru berikut jenis-jenis penyakit paru paru berdasarkan gejala dan cara pencegahannya.

1. TBC - Tuberculosis
Penyakit paru paru jenis TBC ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang dapat menurakan orang lain melalui batuk maupun bersin-bersin.

Gejala penyakit paru paru TBC adalah batuk yang berkepanjangan yang disertai dengan kerluarnya darah ketika batuk.

Jika anda mengalami gejala gejala tersebut segera periksakan ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut.

2. Kanker Paru paru
Kaker paru merupakan jenis penyakit yang mematikan, penyebab terbesar dari penyakit kanker paru adalah kebiasaan merokok selain itu dapat juga disebabkan oleh bahan kimia beracun,stress, radiasi. asap rokok mengandung zat kimia yang sangat berbahaya bagi organ paru paru

Gejala Kanker paru biasanya dada terasa sakit, sesak nafas, batuk yang berkepanjangan, mudah lelah. Jika anda merasakan demikian sebaiknya segera periksa ke dokter.

3. Bronkitis
Penyakit paru jenis bronkitis adalah penyakit paru yang terjadi pada organ bronkus yaitu saluran yang berfungsi membawa udara ke paru paru. penyakit bronkitis dapat disebabkan oleh infeksi, virus, asap rokok.

4. Asma
Asma atau sesak napas terjadi karena kurangnya pasokan oksigen dalam paru paru yang disebabkan oleh menyempitnya saluran pernafasan baik permanen maupun sementara. Penyakit asma biasanya ditandai dengan susahnya bernapas atau mengit.  Untuk mengobati sesak napas anda bisa mengambil napas panjang dan keluarkan perlahan dan banyak istirahat.

Tips menjaga kesehatan paru paru:

  • Hindari asap rokok. Jika anda perokok segera untuk menghentikan pola hidup yang sehat tersebut, karena asap rokok mengandung zat kimia berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.
  • Olah raga teratur. Olah raga teratur akan melatih organ paru paru untuk tetap sehat.
  • Hindari zat klorin. zat klorin sangat berbahaya untuk paru paru, zat ini banyak terdapat pada kolam renang untuk menjernihkan air.
Itulah beberapa gejala penyakit paru dan cara mengatasinya. Menjaga pola hidup sehat adalah cara mudah untuk menghindari berbagai penyakit. semoga bermanfaat.



EmoticonEmoticon