Tips Merawat Gigi Agar tidak Sakit Gigi Berlubang

Tips Merawat Gigi Agar tidak Sakit Gigi Berlubang

Gigi adalah salah satu perhiasan tubuh yang sangat berharga. Dengan gigi yang bersih dan sehat akan menjadikan seseorang percaya diri. Percaya diri untuk senyum, berbicara, bahkan tertawa lebar. Terkadang orang menyepelekan kesehatan gigi, sehingga tidak sedikit orang selalu mengeluhkan giginya sakit.
Tips Merawat Gigi Agar tidak Sakit Gigi Berlubang
img source: panduansaya.com

Sakit gigi diawali karena malasnya gosok gigi, sehingga mengakibatkan kotoran sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi menjadi banyak dan mengerak. Bahkan gigi bisa berlubang karena kuman yang ada di sela-sela gigi.

Merawat gigi agar tidak sakit gigi dan berlubang sebenarnya sangat mudah sekali tidak memerlukan biaya yang sangat mahal. Berikut beberapa tips mudah merawat gigi agar tidak mudah sakit dan berlubang.

Pertama hal yang paling mudah adalah menggosok gigi secara rutin minimal dua kali sehari. Hal ini sangat mudah namun sering kali orang malas melakukannya. Cara yang paling ampuh untuk membiasakan gosok gigi sesudah makan dan sebelum tidur.


  • Berhenti Merokok. Kebiasaan merokok ternyata dapat mempengaruhi kesehatan gigi, kandungan zat kimia yang ada dalam rokok dapat meningkatkan resiko gigi berlubang atau hitam
  • Gunakan pasta gigi dan sikat gigi sesuai dengan jenis gigi anda. Apa bila gigi anda sensitif, gunakan sikat gigi yang lembut agar gigi anda tidak karies, atau berlubang akibat gosokan yang terlalu kuat.
  • Jangan gunakan pemutih gigi yang berlebihan. mempunyai Gigi tampak putih bersih memang menyenangkan, namun jika hal itu terjadi karena menggunakan pemutih gigi, apabila dilakukan secara sering, dapat membuat gigi rusak dan sakit.
  • Perbanyak makan buah dan sayur. Buah dan sayur dapat membersihkan sela-sela gigi seperti apel, wortel dan seledri.
  • Perisalah ke dokter gigi minimal enam bulan sekali.
Itulah beberapa tips merawat gigi agar tidak sakit dan berlubang dari saya, semoga bermanfaat.




EmoticonEmoticon