Cara Mengelola Keuangan Agar Kaya Raya

MENGETAHUI CARA MENGGUNAKAN UANG
Di pendidikan formal, kita hanya dilatih untuk mendapatkan uang. Semakin banyak uang yg nantinya bisa diperoleh, semakin tinggi biaya sekolahnya. Saat ini mungkin kedokteran yg paling menarik untuk bisa secara cepat mendapatkan uang. Seorang dokter punya mobil dan rumah yg bagus itu sudah dianggap wajar. Justru kalau tidak punya apa apa itu akan dipertanyakan :"Jangan jangan tidak laku ?".

Tetapi sebenarnya seberapa banyak kita mendapatkan uang ternyata tidak terlalu penting. Jauh lebih penting dari mana dan kemana aliran uang itu. Yang sama pentingnya adalah bagaimana cara kita mempergunakan uang itu.

3 Tipe Orang Dalam MenggunakanUang

1. Tipe Peminjam

Orang dengan tipe ini adalah sumber penghasilan para bankir. Untuk mereka ada karpet merah di bank atau perusahaan leasing. Apapun barang yg diinginkan dibeli secara kredit. Lunas dengan yg satu dia akan mengambil kredit yg lain. Hidup semewah dia bisa, ibarat menyetir mobil selalu menekan gas sampai di garis merah. Mobil apapun yg dia naiki selalu dipacu sampai batas maksimal. Robert T Kiyosaki menyebut kehidupannya sebagai almost bankcrupt atau hampir hangkrut. Jika pencari nafkahnya berhenti bekerja, maka keluarganya langsung bangkrut karena harus menjual barang barang yg ada. Pencari nafkah berhenti bekerja itu bisa kapan saja. Bisa masih lama sesuai rencana pensiun, bisa di PHK dalam waktu dekat, bisa juga meninggal hari ini.
Apakah Anda mengenal satu saja dari mereka ?

2. Tipe Penabung

Orang dengan tipe ini tidak suka ambil kredit, selalu beli cash. Tetapi krn tujuan menabung utk membeli barang, sebenarnya ya hampir sama saja. Jika pencari nafkah berhenti bekerja karena suatu hal, tidak lama kemudian sdh harus menjual barang atau bangkrut. Memang sedikit lebih lama dibanding tipe yang pertama.
Apakah Anda mengenal satu orang saja dari mereka ?

3. Tipe Investor

Inilah yg besok akan hidup enak krn sdh terbiasa menyisihkan sebagian penghasilannya utk diinvestasikan. Ada beberapa jenis investor. Ada investor kecil dan ada investor besar. Pola pikirnya sama, hanya ilmunya saja yg berbeda.Robert T Kiyosaki mengajarkan kita utk memiliki 3 celengan. Kita perlu menyisihkan 30% dari penghasilan kita, dimasukkan ke 3 celengan.
10% utk tabungan. Hanya boleh digunakan utk kondisi sangat darurat.
10% utk investasi, jika jumlahnya sdh cukup diinvestasikan. Namanya investasi ada kemungkinan gagal.
10% digunakan utk sedekah.


EmoticonEmoticon